Blog Informasi dan Pendidikan

Membuat Database dengan Query di Sql Server 2005

Membuat Database dengan Query di Sql Server 2005, - Sebuah query memang sangat diperlukan didalam membangun sebuah program baik itu query di dalam apalikasi maupun di dalam database penyimpanan. Fungsi dari query tidaklah bisa disebutkan satu persatu, namun dengan mempelajari query tentunya akan menambah wawasan kita dan pemahaman mengenai pemrograman teruatam bagian coding.

Di dalam database selalu ada tool untuk membuat sebuah query, tidak terlepas database Sql Server 2005. Untuk lebih memahami bagaimana kerja query ini maka admin akan mencoba memberikan penjelasan pemakaian query dalam membuat sebuah database Sql Server. Sebagai langkah awal admin akan memberikan contoh sederhana dalam menggunakan query yang biasa admin lakukan dalam membuat sebuah database baru. Langkah selanjutnya sahabat bisa melihat gambar dibawah ini:

Membuat Database dengan Query di Sql Server 2005

Pada gambar dengan angka no 1 di atas merupakan sebuah command yang terletak di toolbar standar bernama new query. Pada layar kosong di atas merupakan tempat dimana kita membuat sebuah query standar. Perintah umum dalam membuat sebuah database adalah:
CREATE DATABASE [IF NOT  EXISTS] nama_database_anda;
Jika perintah diatas dilakukan dan dijalankan maka perintah tersebut akan menghasilkan database baru dengan nama "nama_database_anda". Perlu anda ketahui secara umum jika nama database tersebut telah ada maka dalam meng-execute query tersebut akan muncul pesan error. Namun itu terjadi jika struktur query kalaian buat seperti ini:
CREATE DATABASE nama_database_anda;
Beda hal jika sahabat menambahkan [IF NOT  EXISTS], code ini akan menghapus database kalian yang telah ada dan menggantinya dengan yang baru. Agar lebih aman sebaiknya kalian gunakan saja query yang kedua. Sebagai contoh admin akan membuat database dengan nama db_rozidotnet.

Membuat Database dengan Query di Sql Server 2005

Pada gambar diatas telah diurutkan cara-cara dam membuat database dengan query.

Note:
Pada gambar no 1 merupakan query yang dibuat, diatas admin membuat query dengan sintak:
CREATE DATABASE db_rozidotnet;
No 2 adalah tool untuk mengeksekusi query.
No 3 pesan ketika query telah di eksekusi, pesan sukses jika berhasil.
Pada langkah no 4 dilakukan untuk merefresh database, setelah itu lihat database kalian telah berhasil dibuat.

Itulah sedikit berbagi untuk sahabat semua, semoga artikel Cara Membuat Database dengan Query di Sql Server 2005 ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tag : Query, SQL Server
0 Komentar untuk "Membuat Database dengan Query di Sql Server 2005"

Back To Top