Menampilkan Data dari DatagridView ke Textbox VB.Net

Share:

Menampilkan Data dari DatagridView ke Textbox VB.Net

Menampilkan Data dari DatagridView ke Textbox VB.Net, - Halo sahabat Dot Net kali ini admin akan berbagi informasi untuk kita semua mengenai pemrograman Visual Studio 2008 atau biasa kita kenal dengan VB.Net. Di dalam membuat sebuah program tentunya tidak terlepas dari kata menampilkan data baik itu data dari database. Dan pada pembahasan kali ini admin akan mengulas sedikit bagaimana cara menampilkan data dari datagridview ke textbox VB.Net. Sebelum melakukan hal ini terlebih dahulu kalian harus menampilkan data dari database ke datagridview, yang belum mengetahuinya bisa membuka tautannya. (Menampilkan Data dari Database ke DatagridView VB.Net)

Biasanya dalam menampilkan data ini memiliki fungsi tertentu atau tujuan yang berbeda-beda, namun admin biasanya melakukan hal ini untuk mempermudah proses edit dan update data. Sebenarnya dalam proses edit atau update tergantung dari selera si pemakai ingin seperti apa. Lalu bagaimana proses menampilkan data ke textbox ini? Admin anggap kalian telah mengerti bagian proses sebelumnya dan berikut langkah-langkah dalam menampilkan data tersebut.

Pertama, siapkan beberapa textbox sebagai langkah awal.
Kedua, siapkan satu datagridview yang telah terkoneksi dengan tabel di database.

Sebagai contoh bisa lihat gambar dibawah ini:

Menampilkan Data dari DatagridView ke Textbox VB.Net

Itulah gambaran dari sebuah form yang telah admin aplikasikan, jika sahabat telah membuat dengan bentuk yang berbeda tidak apa-apa dan berikut adalah coding /source code menampilkan data dari datagridview ke textbox VB.Net.
Dim baris As Integer
        With DataGridView1
            baris = .CurrentRow.Index
            TextBox1.Text = .Item(0, baris).Value
            TextBox2.Text = .Item(1, baris).Value
            TextBox3.Text = .Item(2, baris).Value
        End With
Note:
Untuk coding di atas sahabat letakan di dalam event datagridview > cellclik.
Textbox1 - Textbox3 disesuaikan dengan textbox yang telah sahabat buat.
.Item(0, baris).Value, angka 0 disini merupakan data didalam datadridview pada baris pertama.

Itulah sedikit review mengenai tutorial Vb.Net yaitu cara menampilkan data dari datagridview ke textbox VB.Net, semoga artikel ini dapat bermanfaat.