Restore Database Sql Server 2005 / File .bak

Share:
Cara Restore Database Sql Server 2005, - Tentunya kita sudah tahu bahwa Database Sql Server 2005 merupakan sebuah database yang cukup populer dan banyak digunakan. Berbagai fitur yang tersedia menjadikan database Sql Server digemari banyak perusahaan dan para programer VB.Net. Salah satu fitur yang umum dari sebuah database adalah restore dan back up database. Namun pada kesempatan ini admin akan berbagi mengenai cara restore database Sql Server 2005 dari file .bak.

Lalu apa itu file .bak? file .bak merupakan ekstensi penyimpanan sebuah database dari hasil back up database Sql Server. Secara umum proses atau langkah-langkah dalam mengembalikan atau restore database ini sangat mudah. Dalam melakukannya pun tidak akan memakan banyak waktu, namun perlu kalian ketahui dalam proses restore database ini file dari sql server 64bit dan 32bit tidak akan langsung suskes. Dalam kasus seperti ini, ketika kita back up dari database 32bit dan ketika kita restore di 64bit maka dalam proses sering tidak berhasil atau gagal. Jadi usahakan jika back up dengan 32bit maka restore juga dengan 32bit.

Cara Restore Database Sql Server 2005

Langkah awal dalam proses restore database adalah anda masuk ke database kalian. Biasanya admin menggunakan akun login user sa untuk masuk ke dalam database Sql Server 2005. Lalu apakah ada bedanya cara restore database akun user sa dengan tanpa akun login sa. Secara prosesnya tentunya tidak ada bedanya, dan cara restore ini sama saja. Setelah berada dalam database, pada objek explorer kalian klik kanan dan klik restore database.

Cara Restore Database Sql Server 2005

Setelah melakukan proses diatas akan muncul jendela baru, dan dalam proses ini ada beberapa yang harus anda lakukan. Lakukan seperti gambar dibawah ini:

Cara Restore Database Sql Server 2005

Note:
  1. Pada gambar dengan no 1 kita harus isi dengan nama database, usahakan nama yang kita isi sama dengan nama yang file .bak atau database yang kita back up.
  2. Pada gambar dengan no 2 merupakan button untuk mecari file .bak yang kita simpan. setelah kita klik maka akan muncul jendela dialog kembali lalu laukan pada gambar no 3.
  3. Pada gambar no 4 merupakan hardisk kita pada tahap ini kita cari dimana file .bak kita simpan, setelah ketemu klik lalu lakukan seperti gambar no 5.
Cara Restore Database Sql Server 2005

Setelah itu lakukan seperti gambar diatas. lalu klik add. Setelah kita tekan add, maka akan tampil file .bak atau database akan muncul seperti gambar di bawah ini:

Cara Restore Database Sql Server 2005

Jangan lupa ceklis file yang akan kita restore, jika lebih dari satu cukup satu saja yang kalian ceklish. Setelah itu tekan ok, maka proses restore akan berlangsung. Jika proses berhasil maka akan ada dialog yang menyatakan proses restore sukses, seperti gambar dibawah ini:

Cara Restore Database Sql Server 2005
Cara Restore Database Sql Server 2005

Itulah sedikit review artikel dengan judul Restore Database Sql Server 2005, semoga berhasil sobat. Terimakasih telah berkunjung jangan lewatkan juga Cara Back Up Database Sql Server 2005 (more soon).